Berita

Tambah 2 Emas Judo, Semarang Raih 6 Emas di Hari Pertama Peparprov Jateng

PATI, npcjateng.com – Kontingen Kota Semarang meraih dua emas cabang olahraga (cabor) blind judo Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jawa Tengah. Ini membuat mereka meraih enam emas di hari pertama ajang olahraga disabilitas itu, Minggu (10/9/2023).

Kedua emas itu dipersembahkan masing-masing oleh Joel Athalea C yang turun di nomor J1 -70 kg Putri dan Yoseph Fernando Purnomo yang bertanding di nomor J2 -60 kg putra. Arena tanding di SMPN 3 Pati menjadi pembuktian keduanya. 

Mereka mampu mengalahkan lawan-lawannya dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah, serta membuat Kota Semarang menjadi juara umum sementara blind judo. Kota Surakarta berada di bawahnya dengan catatan sekeping emas dan dua keping perak. 

Kemudian diikuti Karanganyar dengan perolehan  sekeping emas dan dua keping perunggu. Sementara, tuan rumah Kabupaten Pati harus puas duduk di posisi keempat dengan raihan sekeping emas. 

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Semarang Nur Sholikin bersyukur atas pencapaian ini. Ia mengatakan capaian ini merupakan hal yang istimewa. Mengingat, mereka baru mengikuti cabor ini di Peparprov Jateng 2023.

”Blind judo yang pertama kali dipertandingkan  tanpa ekstasi ternyata mendulang dua emas,” kata Nur Sholikin. 

Cabor ini bakal kembali dipertandingkan pada Senin (11/9/2023) dengan kelas beregu. Namun, Kota Semarang tidak mengikuti kelas ini, sehingga pihaknya tidak bisa menambah emas di cabor blind judo. 

Meskipun demikian, ia yakin kontingen bisa kembali meraih medali emas, besok. Masih ada beberapa cabor lain yang bakal diikuti Kota Atlas. Di antaranya catur, bulutangkis dan tenis meja. 

”Blind judo beregu kita ndak ikut. Tapi target 11 emas semoga bisa tercapai. Catur biasanya kita raih dua emas. Semoga pimpong dan bulutangkis juga bisa meraih medali emas,” pungkas dia. 

Selain cabor blind judo, Kota Semarang juga meraih emas lainnya. Dengan rincian emas atletik 1500 meter T45-46 atas nama Rifqi Ahmad Soleh dan dua emas angkat berat yang diraih Siti Mahmudah. Lifter andalan NPCI Semarang ini menyabet emas 79 kg best TD dan  kelas 79 kg total TD. 

Emas renang 100 meter gaya bebas TG menggenapi capaian Semarang menjadi enam emas. Emas ini diraih Daniel Nugroho saat berlaga di Kolam Renang Ambang Tirto Pati. 

Selain emas, Kota Semarang juga menyabet sekeping perak dan dua keping perunggu di hari pertama. M Syarifuddin mendapatkan perak di cabor atletik 100 meter putra F 45-47. Sementara dua keping perunggu di raih masing-masing Dewi Trisnasari (tolak peluru T42) dan Petrick Amanullah (atletik 100 meter F 45-47 100).