Berita

Surakarta Rajai Boccia Peparprov Jateng 2023

Surakarta Rajai Boccia Peparprov Jateng 2023

PATI, npcjateng.com – Kota Surakarta merajai cabang olahraga (cabor) boccia Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jawa Tengah IV 2023 di Kabupaten Pati, Sabtu (9/9/2023)-(13/9/2023). Mereka mampu meraih empat keping emas, dua perak dan sekeping perunggu. 

Kabupaten Klaten menjadi runner-up usai hanya mengumpulkan tiga keping emas dan tiga keping perak. Urutan ketiga diduduki Kabupaten Semarang dengan sekeping emas, dua perak dan dua perunggu. 

Sementara Kabupaten Pati, harus puas berada di urutan keenam. Bumi Mina Tani berbagi kedudukan dengan Kabupaten Batang dan Kabupaten Karanganyar dengan sekeping perunggu. 

Salah satu andalan Kota Surakarta yakni, Riski Sakti Junior. Seperti namanya, Riski terlalu sakti bagi lawan-lawannya di Peparprov Jateng 2023. Ia menjadi atlet boccia terbaik di nomor pertandingan BC 5 Putra.

Meskipun demikian, ia tetap rendah hati. Baginya pencapaian ini dari dukungan dari keluarga dan para pelatihnya serta anugrah dari Allah SWT. Ia pun mendedikasikan emas tersebut untuk keluarganya. 

”Senang Alhamdulillah mengadapatkan emas BC 5. Emas ini untuk keluarga. Targetnya memang emas,” ujar lelaki berusia 25 tahun ini. 

Riski menekuni olahraga paralimpik ini sejak tahun 2018. Sejak saat itu, semangat hidupnya terus tumbuh dan membuahkan berbagai prestasi. Ia mampu menyumbangkan medali perak bagi kontingen Jawa Tengah dalam Peparnas 2021 di Papua. 

”Peparnas mendapatkan perak. Kalah sama Papua yang dapat emas,” kata dia yang mengenal boccia dari sekolahan YPAC (Yayasan Pendidikan Anak Cacat). 

Pengidap cerebral palsy sejak lahir ini tak mau kalah dengan penyakitnya. Ia ingin orang tuanya terus bangga. Riski pun bakal terus menekuni boccia hingga ada penerus boccia di Kota Surakarta maupun Jawa Tengah.