Berita

Si Bolan Antar Parade Atlet di Opening Peparprov Jateng

PATI, npcjateng.com – Maskot Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jawa Tengah 2023, Si Bolan mengantar parade atlet di opening kompetisi olahraga disabilitas Jateng itu, Sabtu (9/9/2023) malam. 

Dengan mengendarai kereta kencana, ia memasuki arena Gedung Olahraga (GOR) Pesantenan Pati. Maskot yang terinspirasi dari Kebo Landoh, hewan kesayangan Syeh Saridin itu kemudian turun kereta.

Si Bolan kemudian menyambut satu per satu kontingen dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Kontingen Kabupaten Pati menjadi yang terakhir dalam parade atlet itu. 

Hewan peliharaan Syeikh Jangkung ini dipilh menjadi maskot lantaran identik dengan Kabupaten Pati. Kebo Landoh juga diyakini mempunyai kesaktian yang lebih daripada kerbau lainnya. 

Hal ini sejalan dengan para atlet paralimpik yang mempunyai kelebihan ektra dibalik keterbatasan yang dimiliki. Diharapkan maskot ini bisa memacu semangat para atlet paralimpik.  

Total ada 814 atlet disabilitas bakal bertanding dalam ajang bergengsi ini. Selain itu, sebanyak official 352 ikut mendampingi atlet dalam  berlaga di ajang yang digelar mulai Sabtu (9/9/2023) hingga Rabu (13/9/2023). 

”Ini untuk memajukan kaum disabilitas. Disabilitas Jawa Tengah mempunyai kesempatan mengembangkan potensi melalui olahraga. Saya minta dimanfaatkan betul untuk berprestasi,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. 

Pembukaan Peparprov Jateng ini sekagus memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023 di Jawa Tengah. Diharapkan olahraga di Jawa Tengah semakin maju, dapat bersaing dan berprestasi di tingkat nasional hingga internasional. 

Diketahui, sebanyak 10 cabang olahraga (cabor) bakal dipertandingkan dalam Peparprov Jateng 2023. Kesepuluh cabor ini yakni, bulutangkis, atletik, angkat berat, tenis meja, catur, yudo, panahan, golball, bosia dan renang. 

Berbagai venue bakal digunakan untuk menyukseskan pekan olahraga kaum disabilitas. Di antaranya GOR Pesantenan, Stadion Joyokusumo, Gedung Korpri, Lapangan PB Rahman, Hotel Pati dan Hotel Safin.