Berita

Sabet Dua Emas, Semarang Dominasi Catur Peparprov Jateng 2023

Sabet Dua Emas, Semarang Dominasi Catur Peparprov Jateng 2023

PATI, npcjateng.com – Kota Semarang mendominasi catur Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jawa Tengah IV di Kabupaten Pati. Dari lima nomor yang dipertandingkan, Kota Atlas mampu merebut dua keping emas dan sekeping perunggu. 

Medali emas Semarang dari disumbangakan Jumadi yang turun di nomor catur standar B2 perorangan terbuka serta duet Abdul Latief/ Moch Noer Abidin yang turun di nomor standar tuna daksa beregu putra. Sementara perunggu disumbangkan Abdul Latief yang juga turun di nomor standar tuna daksa perorangan putra. 

Cilacap harus puas di urutan kedua. Kabupaten yang terletak di barat daya Jawa Tengah ini mampu mencuri dua emas. Sekeping emas sisanya direbut dari kontingen Surakarta. Selain meraih emas, Surakarta juga meraih sekeping perak. 

Sementara Kabupaten Pati sebagai tuan rumah gagal meraih emas dalam cabor ini. Mereka harus puas dengan memperoleh dua keping perunggu di nomor catur standar tuna daksa beregu dan catur standar B1 perorangan. 

Hasil ini pun disyukuri Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Semarang Nur Sholikin. Menurutnya, perolehan dua keping emas ini membanggakan bagi kontingen Semarang.

”Bersyukur dengan capain ini. Hasil yang cukup maksimal. Mereka memang menjadi andalan emas bagi catur Semarang,” kata Nur Sholikin. 

Ia pun berharap hasil ini menjadi pembelajaran dan sebagai bahan evaluasi untuk kejuaraan selanjutnya. Mengingat pada Peparprov Jateng V selanjutnya, Kota Semarang menjadi tuan rumah. 

Diketahui, sebanyak 21 kontingen bersaing merebutkan lima emas cabor catur Peparprov Jateng 2023. Mereka bertarung di lima nomor berbeda-beda. 

Yakni, catur standar B2 perorangan terbuka, standar tuna daksa beregu putra, standar tuna daksa perorangan putra, standar tuna daksa perorangan putri dan catur standar B1 perorangan. 

”Total 51 atlet yang bertarung di lima nomor catur Peparprov Jateng. Digelar sejak Minggu (10/9/2023) dan final digelar pada Selasa (12/9/2023),” pungkas Tehnical Delegate Catur Peparprov Jateng, Tedy Wiharto.