Berita

Rebut 18 Emas, Cilacap Jadi Juara Umum Renang Peparprov Jateng 2023

Rebut 18 Emas, Cilacap Jadi Juara Umum Renang Peparprov Jateng 2023

PATI, npcjateng.com – Kabupaten Cilacap menjadi juara umum cabang olahraga (cabor) Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jawa Tengah ke IV di Pati. Mereka merebut 18 emas dari total 46 emas yang diperebutkan. 

Selain meraih emas, perenang Cilacap juga meriah perak dan perunggu, dengan rincian 7 perak dan 5 perunggu. Dengan demikian, kabupaten yang terletak di ujung barat daya Jawa Tengah ini menggondol 30 medali. 

Capain ini tidak bisa dikejar kontingen lainnya. Kota Surakarta yang berada di urutan kedua hanya mampu mendapatkan 19 medali, yakni delapan emas, enam perak dan lima perunggu. 

Sementara Kabupaten Kendal menduduki klasemen urut ketiga. Mereka meraih lima medali. Empat medali emas dan sekeping perunggu. 

Capain ini pun disyukuri Ajar Prayitno, Manager Cabor Renang Cilacap. Hasil ini lebih baik dari Peparprov Jateng III di Surakarta tahun 2018 lalu. Waktu itu, mereka hanya memperoleh 16 medali emas. 

”Jadi ada kenaikan dua emas. Apresiasi terbaik bagi atlet-atlet kami yang sudah berusaha merebut emas,” kata Ajar usai perlombaan, Senin (11/9/2023). 

Hasil ini sebenarnya tidak sesuai ekspektasi pihaknya. Ia menargetkan meraih 25 emas di kejuaraan yang digelar di Kolam Renang Ambang Tirto. Meskipun demikian, ia tetap bangga dengan para atletnya. 

”Target sebenarnya ada 25 emas. Tapi sampai hari terakhir, kita dapat 18 emas. Meskipun demikian, tetap sangat bagus. Karena di antaranya ada atlet baru yang ikut event ini dan mendapatkan emas,” tutur dia. 

Kontingen Cilacap cabor renang diperkuat 15 atlet. Separuh emas Cilacap dipersembahkan tiga atlet andalan. Yakni, Agus Ngaimin yang turun di nomor 50 meter bebas putra S6, 50 meter punggung putra S6 dan 100 meter bebas putra S6.

Kemudian Ragil Aziz yang turun di nomor 100 meter gaya dada putra SB 8, 50 meter gaya punggung putra S8 dan 50 meter bebas putra S 8. Lalu, Priya Wibawa yang terjun di nomor 50 meter bebas putra S10, 50 meter punggung S10 dan 100 meter bebas putra S10. Mereka menyapu bersih sembilan emas yang nomor yang diikuti. 

Sementara itu, Technical Delegate Cabor Renang Peparprov Jateng Agni Herarta mengatakan hasil ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kejuaraan selanjutnya. Para pemenang berpotensi masuk kontingen Jawa Tengah di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024 di Sumatra Utara. 

”Alhamdulillah berjalan lancar ndak ada kendala. Hasil akhir Cilacap menjadi juara umum cabor renang diikuti Surakarta dan Kendal. Ada 46 emas cabor ini yang diperebutkan,” ujar dia. 

Sebagai informasi, Peparprov Jateng digelar mulai Sabtu (9/9/2023) hingga Rabu (13/9/2023). Sebanyak 10 cabor dipertandingkan di Kabupaten Pati. Beberapa cabor sudah selesai pada Senin (11/9/2023).