Berita

Keris Rambut Pinutung Bakal Tandai Pembukaan Peparprov dan Peringatan Haornas 2023 Jateng

PATI, suaramerdeka-solo.com - Pesta olahraga disabilitas dalam Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng 2023 bakal digelar di Pati, Sabtu-Rabu (9-13/9).

Ada yang istimewa pada Peparprov Jateng 2023 kali ini. Yakni pembukaannya dipadukan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Jateng yang diselenggarakan di GOR Pesantenan Pati, Sabtu (9/9) malam.

"Puncak acaranya pembukaan Haornas dan pembukaan Peparprov Jateng 2023 akan dilambangkan dengan pencabutan Keris Rambut Pinutung dari sarungnya," kata Kepala Dinporapar Kabupaten Pati, Rekso Suhartono.

Baca Juga: Jelang Peparprov Jateng 2023: Venue Goalball Geser ke Pati Gymnastics Hall

Hal itu juga disampaikan pada rapat finalisasi penyelenggaraan Peparprov Jateng 2023 di Ruang Pragola kompleks Setda Kabupaten Pati, Selasa (5/9). Pencabutan keris tersebut lalu dipadukan dengan animasi visual dan permainan lampu yang kini tengah disiapkan.

Mengutip laman resmi patikab.go.id, keris rambut Pinutung adalah keris sakti yang merupakan lambang kekuasan dan kekuatan serta simbol kesatuan dan persatuan.


Pusaka sakti itu milik Adipati Kembangjaya atau Jayakusuma, sebagai lambang kekuatan, kekuasaan, persatuan, kemakmuran, keadilan, milik kadipaten Pati, sekarang jadi Kabupaten Pati.

Baca Juga: 814 Atlet Bakal Bersaing pada Peparprov Jateng 2023, Atletik Terbanyak

Pada rangkaian pembukaan juga ditampilkan kesenian tradisional Pati, Barongan Macan Loreng dan Line Dance Pati Bumi Mina Tani.

Rapat persiapan Peparprov di Pati antara lain dihadiri jajaran National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng diwakili Sekretaris Umum Prayitno "Samson" dan Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Slamet Widodo.

Selain itu Polresta Pati diwakili Kabagops Kompol Sugino dan perwakilan Kodim Pati, Ketua NPCI Pati Suratno, serta event organizer acara pembukaan dan penutupan Peparprov Jateng 2023.

Baca Juga: Kirim 103 Personel, NPCI Klaten Targetkan Lima Besar Peparprov Jateng 2023


Mengutip rencana pembukaan, Rekso Suhartono menyebut sejumlah tamu undangan bakal hadir pada seremoni pembukaan Pepaprov sekaligus Peringatan Haornas 2023 tingkat Jateng.

Dalam daftar tamu terdapat Pj Gubernur Jateng dan Forkopimda Jateng, serta organisasi perangkat daerah di tatarannya.

Selain itu Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Bupati/Wali Kota se-Jateng, jajaran NPCI Pusat dan NPCI Jateng, KONI, KORMI dan Soina Jateng, Kepala Dinpora se-Jateng, Forkopimda Pati, KONI dan KORMI Pati, serta perwakilan kontingen Peparprov 2023.