Berita

Hari Pertama, Kota Semarang Rebut Dua Emas Judo Tunanetra Peparprov Jateng 2023

PATI, npcjateng.com - Kontingen Kota Semarang meraih dua medali emas dari arena judo tuna netra pada hari pertama Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng 2023 di lapangan indoor SMPN 3 Pati, Minggu (10/9).

Sementara tiga gelar juara lainnya dibagi rata tuan rumah Kabupaten Pati, Kabupaten Karanganyar dan Kota Solo, masing-masing sekeping emas.

"Kekuatan 10 kota/kabupaten yang menurunkan atlet di cabor ini memang hampir merata. Karena itu tak ada yang dominan," kata technical delegate (TD) judo tunanetra, Slamet Sucipto.

Total lima medali perorangan diperebutkan di cabang judo tuna netra pada pesta olahraga disabilitas Jawa Tengah yang untuk kali pertama digelar di luar Kota Solo itu.

Simbol juara bagi tim Kota Semarang digenggam Yoseph Fernando di kelas -60 kg putra dan Joel Athalea di kelas -70 kg putri. 

Medali perak kelas -60 kg disabet Dwi Nurkariyanto (Solo) dan perunggu Cahyo Sulistyo (Sukoharjo). Sedangkan perak kelas -70 kg putri diraih Siyamsih (Sragen), serta juara tiga bersama Hairunnisa (Karanganyar) dan Annisa Wulandari (Solo).

Untuk kelas -55 kg putra, medali emas diraih Bayu Istikhori (Pati), perak Lionel Ramadhan (Solo) dan Rizky Agung Wibowo (Klaten).

Sedangkan kelas -73 kg putra, Nanang Setiawan (Karanganyar) menjadi kampiun, disusul Utomo (Temanggung), serta Ahmadi (Sragen) dan Subadi (Grobogan) di tempat tiga bersama.

Sementara kelas +90 kg putra, gelar juara menjadi milik Gus Irvan Ma'dum Ibrahim (Solo), perak diraih Suroto (Klaten) dan perunggu Yohanes Ari Sudoyono Aji (Karanganyar).

"Gus Irvan merupakan satu-satunya atlet pelatnas yang turut bertanding di Peparprov Jateng 2023. Dia meraih emas pada ASEAN Para Games (APG) Kamboja 2023. Peserta lainnya, rata-rata para atlet muda," jelas Slamet Sucipto.**