Berita

Cilacap Optimis Raih Dua Emas Catur

Cilacap Optimis Raih Dua Emas Catur 
PATI, npcijateng.com- Memasuki hari kedua, cabang olahraga Catur dalam Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng 2023 berjalan ketat. Para atlet yang bertanding di Aula Hotel Gitrary terlihat berkonsentrasi untuk meraih hasil maksimal. 
Rasa optimistis untuk berprestasi salah satunya ditunjukkan kontingen asal Kabupaten Cilacap. Kota dari ujung barat Jawa Tengah itu bahkan berharap mendapat dua medali emas di ajang empat tahunan yang sedangkan mereka ikuti. 
Kota Cilacap turun dengan dua atlet andalan mereka. Yakni Tirto turun di nomor catur tuna daksa dan Sugiyanto di nomor tuna netra. Keduanya menjadi tulang punggung bagi cabor catur untuk Cilacap. 
"Sebab kami tidak bisa mengikuti beregu jadi kami hanya menarget dua emas," kata Pelatih Catur Cilacap Ahmad Marchaban saat di temui Senin (11/9). 
Bagi Marchaban target itu optimistis akan mereka raih. Mengingat kedua atlet yang mereka bawa saat ini mempunyai curiculum vite bagus. 
Tirto disebut Marchaban sempat mengikuti Asean Paragames Kamboja belum lama ini. Dalam kesempatan itu Tirto bahkan berhasil menyumbang emas untuk Indonesia. 
Berbeda dengan Tirto, atlet catur kota Cilacap yang lain Sugianto datang sebagai pemain nasional. Sugianto merupakan atlet yang terjun dalam Peparnas Papua dan berhasil menyabet mendali perunggu beregu. 
"Tetapi saat ini yang paling berat bagi kami atlet dari Surakarta. Meski begitu kami tetap optimistis," terangnya. 
Pertandingan catur sendiri akan dilakukan selama tiga hari Minggu-Selasa (9-12/9). Sementara sistem penilaian dilakukan dengan menjumlahkan nilai akumulatif dari setiap pertandingan yang  dilakoni para atlet.