Berita

Cabang Panahan: Solo Koleksi Prestasi dan Emas Satunya-satunya Wonogiri

PATI, npcjateng.com- Cabang olahraga panahan dalam ajang Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng 2023 akhirnya berakhir. Sejumlah atlet dari beberapa kota akhirnya diumumkan sebagai pemenang. Termasuk kontingen dari Kota Solo dan Kota Wonogiri. Atlet dari kedua kota memang masuk dalam daftar peraih medali emas. Namun keduanya mempunyai cerita berbeda di lapangan panahan belakang Stadion Joyo Kusumo Pati. 
Bagi para atlet Kota Solo raihan medali emas di cabor panahan emas bukan yang pertama kali. Tetapi raihan medali emas bagian dari koleksi mereka dalam pertandingan. 
Pelatih Panahan Solo, Suranto mengatakan  turun di beberapa nomor anak asuhnya dapat mengamankan sejumlah medali emas. Di antaranya dari kelas recurve perorangan Putra ( 1 Emas), Recurve  perorangan putri ( 1 Emas) dan Recurve Mix Team atas nama (1 Emas ). 
"Tambahan kami di satu medali perak di nomor Perorangan Recurve Putra dan satu perak lagi di nomor Recurve ganda Putra atas nama," kata Suranto Minggu (10/9). 
Hasil ini menurutnya jauh meningkat bila dibandingkan dengan tahun lalu. Kontingen panahan Solo di ajang Peparprov 2018 hanya mendapat tiga medali emas saja. 
Berbeda cerita dengan atlet Solo. Meski naik podium pertama, medali emas atlet Wonogiri  menjadi cerita menarik. Emas yang diperoleh mereka merupakan satu-satunya emas dari kompetisi panahan yang akan di bawa pulang. 
Duet Arif Wirawan (42) dan Winanto (42) yang berhasil membawa kenangan dari Pati. Keduanya turun di recurve ganda putra sebagai pasangan serasi. 
"Harapannya ke depan mungkin lebih baik. Masalahnya semakin ke sini persaingan semakin ketat," Kata Arif Wirawan. 
Arif berharap Kabupaten Wonogiri mendapatkan atlet lagi. Meski dirinya telah tembus ke Peparnas Papua dan mendapatkan perunggu, dirinya menilai atlet Wonogiri harus bertambah lagi untuk meningkatkan prestasi. 
"Sebab hanya kami berdua saja yang turun untuk berlaga," sambung Arif.