Berita

Raihan 38 Emas Bawa Cilacap Jadi Juara Umum Peparprov Jateng 2023

Raihan 38 Emas Bawa Cilacap Jadi Juara Umum Peparprov Jateng 2023

PATI, npcjateng.com - Raihan total 38 medali emas, 22 perak dan 17 perunggu membawa kontingen Cilacap menjadi juara umum Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng 2023.

Kontingen berkekuatan 68 atlet dan 32 ofisial itu menjadi tim tertangguh pada pesta olahraga disabilitas se-Jateng yang berakhir dan ditutup di pelataran Stadion Joyokusumo Pati, Selasa (12/9) malam.

Kontingen Kota Solo membuntuti di belakangnya dengan 34 emas, 25 perak dan 12 perunggu. Selanjutnya disusul Kabupaten Sragen yang mengemas 20 emas, 11 perak dan 14 perunggu.

"Alhamdulillah, Cilacap menjadi juara umum. Ini tak lepas dari latihan keras para atlet dengan bimbingan pelatih dan jajaran pengurus, serta izin dari Yang Maha Kuasa," kata Ketua Kontingen Cilacap untuk Peparprov Jateng, Sunarti.

Sunarti didampingi Ketua Umum National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Cilacap, Sudarno, menyebut keberhasilan kontingennya dapat memacu atlet-atlet disabilitas di wilayahnya untuk lebih giat meningkatkan kemampuannya.

Harapannya, bisa mengejar prestasi lebih tinggi di tataran nasional, bahkan internasional.

"Cabang renang menjadi lumbung medali emas kami, yakni 18 emas, disusul atletik 11 emas, tenis meja tujuh eas dan catur dua emas. Terima kasih atas dukungan Pemkab dan warga Cilacap," tambah Sunarti.

Ketua Umum NPCI Jateng Osrita Muslim dalam penutupan Peparprov 2023 mengucapkan selamat bagi kontingen Cilacap yang menjadi juara umum.

Tetapi dia mengingatkan kepada seluruh atlet, pelatih dan pengurus NPCI kota/kabupaten se-Jateng bahwa Peparprov bukan merupakan tujuan akhir dari pembinaan olahraga disabilitas. 

Multievent tersebut, menurutnya justru menjadi titik awal bagi para atlet muda untuk mengejar obsesi dan prestasi yang lebih tinggi di tingkat nasional, bahkan internasional.

"Karena itu, jangan pernah bosan berlatih. Di sisi lain, jangan pernah merasa puas atas hasil yang kalian raih selama ini," tandasnya disambut aplaus para peserta seremoni penutupan di halaman Stadion Joyokusumo.

Osrita juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab dan NPCI Pati yang telah memberikan layanan baik sebagai tuan rumah Peparprov. 

Ucapan yang sama dia sampaikan untuk Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana yang telah membuka Peparprov sekaligus peringatan Haornas tingkat Jateng, 9 September 2023, serta jajaran Forkopimda Jateng yang telah memberi dukungan multievent olahraga disabilitas itu. 

Peparprov 2023 diikuti 35 kontingen kota/kabupaten se-Jateng. Mereka berkompetisi pada sepuluh cabang olahraga disabilitas yakni angkat berat, atletik, boccia, bulutangkis, catur, judo tunanetra, goalball, panahan dan tenis meja.

Multievent olahraga disabilitas tersebut ditutup Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro. Pada penutupan itu sekaligus diserahkan pataka NPCI Jateng ke perwakilan Kota Semarang yang bakal menjadi tuan rumah Peparprov 2026.**